19 Mei 2020

Tips menabung bagi kawula muda

Menurut saya, hal yang paling sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar orang adalah Menabung. ya, bagaimana caranya agar uang yang telah kita peroleh dari hasil kerja keras kita bisa terkumpul. kebanyakan orang terutama kawula muda sering meyepelekan hal ini dan cenderung berfikir seperti ini, "yang penting ketika uang sudah berada ditangan, kita bisa bebas untuk membelikan barang - barang yang kita inginkan". jika kalian masih memiliki pemikiran seperti itu saatnya untuk merubah mindset ya!, karena jika terus melakukan hal seperti itu, saya jamin kalian tidak akan bisa memiliki tabungan. karena akan selalu habis untuk hal - hal yang kurang diperlukan.

Kali ini saya akan membagikan sebuah tips atau pengalaman saya bagaimana caranya agar bisa menabung dengan mudah. cara ini sudah saya lakukan kurang lebih 2 tahun belakangan ini dan hasilnya lumayan worth it. saya juga sempat sharing dengan beberapa teman - teman saya yang juga sedang berjuang untuk menabung. beberapa dari mereka memiliki cara yang berbeda, namun ada juga yang melakukan beberapa cara seperti saya.
 

Pertama, Menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran
Jadi kita bisa tulis dulu secara detail berapa pemasukan dan penggeluaran kita. setelah ditulis, kita bisa tau berapa pengeluaran buat makan, buat pulsa internet, buat kendaraan, buat tempat tinggal, buat ngasih ke orang tua dan lain sebagainya selama satu bulan. nah jika masih ada sisa, kalian bisa membaginya. sebagian untuk jajan dan sebagian lainnya ditabung. gak perlu banyak jumlahnya, yang penting kalian bisa menyisihkannya secara rutin tiap bulan.

Kedua, Simpan uang ke tempat yang tersendiri
Misalnya kalau kalian punya beberapa rekening bank, maka kalian harus punya satu tabungan yang dikhususkan untuk menabung saja, jangan dicampur dengan transaksi lainnya. karena nantinya kalian akan tergoda untuk membeli barang via online yang mengharuskan kalian untuk mentransfer sejumlah uang. dan akhirnya kalian gagal nabung lagi deh.

Ketiga, Tentukan tabungan kalian itu untuk apa 
Sebenarnya alasan kalian menabung adalah untuk menunda pengeluaran kalian disaat ini. misal kalian ingin punya handphone baru, laptop baru, sepatu baru, whatever lah ya kalian tujuannya mau buat apa. nah setelah kalian tau apa yang kalian mau, nantinya kalian bakalan ngerti mana yang prioritas dan mana yang tidak. misal tahun depan kalian ingin membeli handphone keluaran baru yang harganya 11 jt. nah kalian minimal harus menabung 1 jt tiap bulannya dari sekarang, agar bisa membeli handphone tersebut ditahun depan.

Keempat, Membawa uang secukupnya
Tips selanjutnya adalah membawa uang secukupnya. jadi ketika kalian sedang nongkrong diakhir pekan bersama teman- teman misalnya di coffeshop, kalian bisa membawa uang cash secukupnya yang kira - kira bisa kalian hitung total pengeluarannya berapa. kalau saya sih biasanya kalau sedang nongkrong di coffeshop paling hanya membawa uang seratus ribu. syukur- syukur ada sisanya untuk ditabung nanti. jadi tujuannya agar kalian tidak berlebihan dalam menggunakan uang tersebut.

Kelima, Jumlah kecil tapi disiplin
Menabung bukan soal jumlahnya, tapi perihal konsistensinya. kalian gak perlu menabung dalam jumlah yang banyak tiap bulannya, jangan terlalu memaksakan. mulailah dari nominal kecil misal seratus ribu tiap bulan, asalkan konsisten kalian bisa mendapatkan satu jutaan ditahun berikutnya. mudahkah? jika dirasa sudah mampu konsisten, kalian bisa menaikkan jumlah uang yang ingin kalian tabung menjadi dua ratus ribu atau bahakan lima ratus ribu tiap bulannya. kuncinya itu satu, konsisten.

Keenam, Belikan perhiasan Emas 
Nah cara yang satu ini bisa banget dicoba, yaitu dengan membeli perhiasan emas. karena prosesnya mudah dan harganya bisa dibilang cukup stabil, emas merupakan salah satu cara untuk menabung yang bisa dibilang efektif. jika kita sangat urgent membutuhkan uang, perhiasan emas ini bisa dijual dengan mudah.

Ketujuh, Bersedekah
Cara yang terakhir adalah dengan bersedakah, tujuannya apa? agar uang yang kita peroleh bisa bernilai berkah, sehingga proses menabung akan dimudahkan. bersedekah juga tidak akan membuat kita kekurangan, malah justru sebaliknya. kita akan selalu diberikan kemudahan rejeki jika kita rutin bersedekah terhadap orang yang membutuhkan. karena pada dasarnya setiap gaji yang kita peroleh tiap bulannya ada hak 2,5% untuk mereka yang membutuhkan. jangan hanya menabung untuk dunia tapi menabung juga untuk diakhirat kelak.

Mungkin hanya segitu tips yang bisa saya sampaikan kepada kalian, gak ada salahnya untuk dicoba salah satunya. jadi intinya menabung itu merupakan soal konsistensi bukan soal jumlahnya, belajar menabung dari nominal kecil terlebih dahulu. jika sudah bisa konsisten, baru menambah nominal jumlahnya.

Silahkan jika kalian ada yang ingin menambahkan, kita bisa saling sharing di kolom komentar. 😊

Salah satu Quotes
Share:

20 komentar:

  1. Betul banget, menabung itu yg pemting konsisten berapapun jumlahnya, sedikit demi sedikit lama" jadi bukit, tpi untuk invest emas sekarang kl mau beli lumyn mahal yaa, dan terakhir sodqoh, itu betul bangeet, makin banyak sodaqoh makin berkah harta yg dikeluarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mba, nabung sedikit gamasalah yang penting gak berhenti ditengah jalan. jangan lama-lama malah abis kepake gak karuan hahaha.

      Hapus
  2. Dulu waktu belum punya anak aku juga cukup rajin menabung tapi dalam bentuk koin.jadi misalnya ada uang 500 atau 1000 gitu lalu aku masukkan celengan. Dalam sebulan biasanya dapat 1 celengan yang isinya sekitar 80-100 ribu. Setahun dapatlah sejuta. Tapi sekarang susah karena anak jajan terus.:D

    Harusnya aku nabung dalam bentuk emas saja ya, jangan dalam bentuk uang koin. Memang emas harganya stabil terus bahkan naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyups, menabungnya dalam bentuk emas saja, mas Agus ...
      Kalo emas batangan kan bisa jadi alasan buat anak kalo lagi rewel minta jajan.
      Jawab saja 'ini bukan permen cokelat, nak. Ngga percaya ?, Coba aja gigit' ... Wwkkk

      Hapus
    2. iyaa mas agus, apalagi kalo sudah punya istri. nabung dalam bentuk perhiasan emas juga boleh, malah nantinya pasti sangat didukung sama istrinya hahaha

      Hapus
  3. Eite, bener .. menabung itu paling sulit dikerjakan sebagian besar orang.
    Ya ada yang gampang keblinger pengin beli ini itu, tapi ada juga yang pas-pasan hidupnya buat nabung aja sampai kesulitan.

    Wis, pokoke mulai sekarang nabung dikit ngga apa-apa ...lama-lama kan dapat untung .

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, kebanyakan anak muda sekarang bingung gimana caranya supaya bisa nabung, karena kebutuhannya banyak. duit serasa jadi air

      Hapus
  4. saya juga merasa sih menabung itu sesuatu yg sebenernya mudah tapi dilakukannya sulit apalagi kalau sudah ingin beli ini dan itu.
    sekarang saya juga berupaya untuk tidak banyak belanja karena ingin tapi karena butuh, sehingga uang yang ada bisa saya tabung, termasuk menabung untuk dana cadangan / darurat, ini ternyata penting apalagi di masa Pandemi ini yg akhirnya saja belum tahu gimana, dana darurat bisa nantinya digunakan.

    salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba destia, salam kenal juga ya :)
      hal sepele tapi sulit dilakukan yaa hehe, sayapun tadinya seperti itu mba. tapi karena sering mikir kalo setiap manusia itu pasti perlu dana darurat, seperti pandemi sekarang ini. jadinya sedikit lebih tenang karena punya tabungan disaat kerja dirumahkan.

      Hapus
  5. Ini juga caraku buat menabung, mas. Dan benar-benar bekerja dengan baik. Setiap bulannya selalu berhasil menyisihkan uang untuk ditabung. Lebih oke lagi sih beberapa saat setelah terima gaji, jatah tabungan langsung dipindah ke rekening lain. Jadi dalam satu bulan full, jatah tabungan selalu pasti dan gak akan keutak-atik buat beli-beli barang lain.

    Sama satu lagi, mas. Untuk investasi lebih cuan kalau lebih memilih emas batangan daripada perhiasan emas. Karena dalam perhiasan emas ada biaya design dan pembuatan perhiasannya.😄

    BalasHapus
  6. saya mending duit g ada di dompet,
    kalau di dompet pasti cepet abisnya

    BalasHapus
  7. sepakat sama tips-tipsnya..
    kebetulan aku insyaallah rajin menabung orangnya.. hehehe..
    lebih ampuh kalo punya atm terpisah khusus untuk nabung sih, jadi gak tergoda-tergoda untuk narik atm.. hihi

    BalasHapus
  8. Salam kenal kawan... perdana singgah kemari nih

    Saya setuju mas. Saya juga melakukan apa yang mas Renal sebutkan diatas. Seandainya semua cara tersebut itu adalah tahapan, maka saya akan meletakan poin ketujuh menjadi poin kedua.

    Saya hitung dulu pendapatan saya, lalu saya hitung berapa yang harus saya sedekahkan. barulah saya hitung pengeluaran. saya usahakan saya harus menyimpan atau menabung antara 20-30% dari sisa dari pendapatan-sedekah.

    Tips yang sangat bermanfaat Mas Renal. Keep posting artikel yang berfaedah seperti ini.

    BalasHapus
  9. kalau bisa yang pertama itu sedekah heheh krna kalo rajin sedekah insaallah rezeki nya nambah :)

    yuk mas mari berteman di tunghu ya follow back nya :) #13

    BalasHapus
  10. Bawa uang secukupnya, itu work banget buat saya.
    Terlebih mamak-mamak kayak saya nih, kalau mau belanja di pasar, duuhh kalap, semua sayuran segar mau diborong, ikan segar mau dibeli, ckckckkck

    Yang susah itu belanja grocery shooping soalnya pakai debit hahaha

    BalasHapus
  11. Dengan menabung seperti ini kita jadi punya uang yang bisa kita gunakan untuk hal hal yang tidak terduga suatu saat nanti. Menabung memang penting banget,

    BalasHapus
  12. Dari kesemuanya, yang belum dilakukan cuma beli emas aja. Soalnya suka bingung, klo beli emas nanti nyimpannya di mana. Jadi yo wis, simpan aja di tabungan lebih simple.

    Meski terkesan klise, klo ada yang nanya gmn bisa jalan2 mulu, apalagi ke tempat yang jauh, jawaban sederhana dan paling rasional karena udah dilakukan yaitu menabung.

    BalasHapus
  13. melakukan disiplin nh yang penting, berapapun nominalnya asal dicicil pelan pelan ya akan banyak juga hehe

    BalasHapus
  14. Makasih ya tips menabungnya. Bermanfaat sekali apalagi yang nomor 7. Kita memang wajib bersedekah agar harta kita bersih dan berkah.
    2,5 % adalah hak anak yatim dan fakir yang membutuhkan.

    BalasHapus
  15. Point terakhir yang penting, berbagi ...
    Tabungannya bukan soal fisik karena akan dapat hal berlimpah dari berbagi

    BalasHapus

Syarat Berkomentar :

1. Berkomentar dengan bahasa yang Sopan
2. Berkomentar sesuai posting
3. Dilarang menyertakan link aktif, dsb

Author

Renaldi Ardiansyah
Hanya seorang Anak Muda yang tidak mahir berbicara, Namun berusaha Bersuara melalui Tulisan... 

Arsip Blog

Label

Absurd (3) Coretan (20) Curhatan Cowok (19) Info (4) Opini (4) Pengalaman (3) Unik (1)

Part Of

Warung Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Renals Daily | ThemePacific