7 Desember 2016

Introvert, anugerah atau musibah?

Pernahkah kalian menemukan seseorang yang memiliki sifat introvert di lingkungan sekitar kalian ?
atau mungkin justru kalianlah yang memiliki sifat tersebut ? kalau kalian masih bingung, gw bakal jelasin tentang apa itu Introvert.


Introvert adalah sikap atau perilaku seseorang yang cendeung pendiam, lebih suka menyendiri dan tertutup atau bisa dibilang sih "Anti Sosial". Eh bukan anti sosial deh, karena merekapun juga bersosialisasi dengan beberapa teman terdekat mereka. Seorang yang memiliki sifat Introvert ini bisa menjadi pendengar yang baik loh, mereka mungkin bisa memberikan solusi atas permasalahan yang sedang kita hadapi. Mangkanya, kalo mau curhat gw saranin sama orang yang punya sifat introvert aja. Muehehe 😆

Oh iya, menurut pengamatan gw seseorang yang memiliki sifat introvert itu gak suka basa basi busuk loh sob, mereka lebih suka berbicara langsung ke Topik pembahasan atau lebih jelasnya langsung To the Point. Orang yang memiliki sifat introvert lebih menyukai suasana yang tenang dan tentram. selain itu, Orang yang memiliki sifat introvert itu cenderung diam jika sedang berada dilingkungan yang baru, mereka lebih suka mengamati keadaan di sekitar mereka, dan tidak akan pernah nanya jika tidak ditanya duluan.
Tetapi walaupun begitu,"Gilanya" orang introvert akan keluar jika sudah berkumpul dengan teman-teman terdekatnya. 

Bagaimana sih seseorang bisa memiliki sifat introvert ?

Kalo menurut gw, seorang bisa memiliki sifat introvert itu karena faktor lingkungan mereka, entah itu lingkungan rumah maupun sekolah.
 
Jadi intinya memiliki sifat introvert itu sebuah anugrah atau musibah ?

Setiap manusia itu unik dengan sifat dan kepribadian mereka masing - masing. tidak bisa dibilang sebagai musibah juga sih ya, soalnya menurut gw menjadi seorang introvert itu adalah pilihan dari dalam diri kita sendiri, tanpa kita sadari.

Meskipun begitu, gw sering sekali melihat orang introvert itu dibully di dalam lingkungannya terutama lingkungan Sekolah, karna sifat mereka yang cenderung "pendiam" Jadi sering dianggap lemah oleh teman" lainnya yang lebih kuat.  Kadang gw suka kasian kalo ngeliat orang introvert suka dibully, terutama main fisik. Jujur aja, gw paling benci melihat seseorang membully orang lain, tanpa terkecuali. rasanya gw ingin sekali membantu, tapi apadaya gw bukan seorang mad dog yang mempunyai ilmu kebal bacok.

Tapi meskipun begitu seorang introvert juga memiliki sisi positif dan karakteristik yang unik loh sob, 

•Mereka lebih suka menyusuri ruang imajinasi mereka

•Mereka adalah pendengar yang baik

•Mereka adalah pengamat yang baik

•Mereka mempunyai planing untuk kedepan 

•Mereka cenderung santai dalam kondisi apapun

•Memiliki tingkat kesabaran yang baik

•Mereka bisa menjadi sahabat  yang baik, tapi kita belum tentu bisa menjadi sahabat yang baik buat mereka.

Nah, kira -kira itulah beberapa sisi positif dan karakteristik unik mereka. mungkin masih banyak lagi, tapi hanya segitu yang gw tau. Karena yang gw tulis disini adalah menurut Opini gw pribadi, jadi kalau misalnya ada kesalahan mohon maaf ya sob, muehehehe. 

Jadi intinya, baik atau buruknya sifat seseorang tergantung bagaimana kita menyikapinya, karena kita sendirilah yang menjalani.

Kalau misalnya kalian tidak nyaman dengan sifat introvert yang kalian miliki, kalian bisa kok merubahnya secara perlahan dengan berusaha bergaul dengan orang-orang baru. kalau kalian bingung harus mulai dari mana, kalian bisa kok mengikuti komunitas - komunitas yang sesuai dengan hobi kalian. Dengan begitu kalian akan bertemu dengan orang-orang baru, dan akhirnya sedikit demi sedikit kemampuan berkomunikasi kalian akan Ter-asah secara tidak langsung.
Share:

18 komentar:

  1. Memang serbah repot sama seseorang yang pendiam. . . .

    BalasHapus
  2. Thanks Infonya sob (y) Mungkin ane salah satunya :v

    BalasHapus
  3. hmm.. berarti ane introvert dong , jarang keluar rumah sama ga suka bersosialisasi dengan orang lain . yah kecuali sahabat ane

    BalasHapus
  4. Setahun ini rasanya, ane udah kayak seorang introvert juga :D. Hehehe

    BalasHapus
  5. orang pendiem biasanya kalo marah meledak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha kayanya sih begitu gan. Soalnya kalo dia marah pasti akan dipendem aja. Nah pas udah ga tahan baru deh keluar semua tih yg di pendem :D

      Hapus
  6. ane juga trmasuk introvert kali ya. susah beradaptasi di lingkungan baru

    BalasHapus
  7. Wah baru ngerti nih gue tentang intovert, penjelesannya lengakpa gan thanks

    BalasHapus
  8. Sy juga sering merasa begitu,,
    tp sering juga malah sebaliknya.. Entahlah

    BalasHapus
  9. terimakasih gan ini yang saya cari cari

    BalasHapus
  10. thanks buat infonya sob sangat bermanfaat nih :D

    BalasHapus
  11. Keren nih artikelnya suka banget ama style penulisannya asik dan ga ngebosenin, kebetulan gw juga introvert hehe.

    BalasHapus

Syarat Berkomentar :

1. Berkomentar dengan bahasa yang Sopan
2. Berkomentar sesuai posting
3. Dilarang menyertakan link aktif, dsb

Author

Renaldi Ardiansyah
Hanya seorang Anak Muda yang tidak mahir berbicara, Namun berusaha Bersuara melalui Tulisan... 

Arsip Blog

Label

Absurd (3) Coretan (20) Curhatan Cowok (19) Info (4) Opini (4) Pengalaman (3) Unik (1)

Part Of

Warung Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Renals Daily | ThemePacific