10 November 2016

Pengalaman kerja jadi Telemarketing selama 1 bulan.

Hai hai hai.. gw balik lagi nih :D, kali ini gw mau nyeritain tentang pengalaman kerja gw menjadi Telemarketing di salah satu Bank Asing, dan saat itu gw fokus dalam penawaran KTA (Kredit Tanpa Agunan). Sebelumnya gw mau ngasih penjelasan dulu nih apasih Telemarketing itu? dan apa saja tugas - tugasnya?, Telemarketing adalah pekerjaan yang dimana kita diharuskan menawarkan suatu produk dari jarak jauh melalui media hp, telpon, ataupun internet. Untuk tugasnya saat itu gw diharuskan untuk menelpon "calon nasabah" agar mereka tertarik untuk mengajukan KTA di Bank tempat gw bekerja. Kalo diliat sih Kayanya kerjanya enak, Database calon nasabahpun udah disedian jadi kita gak perlu repot"  buat cari data. kita cuman duduk, telpon calon nasabah, diruangan ber-AC. udah gitu aja terus.

Keliatannya enak? Tapi nyatanya ga semudah itu sob haha.  jujur aja, mental gw sempet naik turun saat pertama kali menjalankan pekerjaan ini. Karena gak jarang kita akan mengalami penolakan dengan cara di Bentak oleh "calon nasabah" melalui telpon. tapi untungnya gw mendapatkan Leader yg baik, gw selalu diberikan support dan motivasi sama Leader gw sehingga gw mulai terbiasa melakukan pekerjaan ini. Hehehe 

Banyak banget "suka duka" yang gw alami selama 1 bulan kerja jadi Telemarketing di Bank Asing ini. Tapi lebih banyak Duka-nya sih dari pada Suka-nya wkwk. Dukanya yaitu pada saat gw belom dapet Closingan sampe 2 minggu, sementara temen satu tim gw yang seangkatan udah pada dapet Closingan semua huhuhu, kalo Suka-nya itu gw merasa beruntung punya Leader yang asik dan teman-teman satu tim yang Solid :)

Tapi bagaimana pun juga gw mendapatkan banyak pelajaran dari pengalaman gw ini, gw jadi tau dengan kartu kredit, suku bunga Dan sebagainya. gw pengen ngucapin terimakasih sama semua orang yang udah ngajarin gw dengan sabar dan menyemangati gw selama gw bekerja di tempat ini. 1 bulan berlalu, akhirnya gw memutuskan untuk Resign dari Bank tersebut. Yah, mungkin bekerja sebagai Telemarketing bukan jalan hidup gw. Dan semoga aja gw bisa mendapatkan pekerjaan yang Lebih baik dari pekerjaan yang gw geluti sebelumnya. Aaaaminnnn...
Share:

39 komentar:

  1. Ternyata ga mudah ya jadi seorang telemarketing hehehe, semangat gan semoga gan Renaldi Bisa Sukses :)

    BalasHapus
  2. selalu semangat bos. go go sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang minta foto tempat kerja nya boleh gak? Ane mau liat hehe

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat gan terima kasih

    BalasHapus
  4. Wah,,
    saya malah pengen kerja,, yang semangat gan

    BalasHapus
  5. wiiihh semoga sukses gan lanjutkan...hhehe

    BalasHapus
  6. memang susah kalau jadi seorang telemarketing... saya pernah merasakannya bos..

    BalasHapus
  7. Iyaa aseli jd telemarketing itu nano-nano bgt! Q baru masuk 1 minggu nih rasa nya dah pengen resign ajjah.... Tp kalau out mau lamar dimana masih bingung.... Hebat deh bisa bertahan 1 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, kalo gak kuat jangan dipaksain. nanti malah gak maksimal hasilnya hehe.:)

      Hapus
  8. Balasan
    1. gaji tergantung closingan ente gan :)

      Hapus
    2. Berarti kl gak closing gak dapet gaji gitu. Soalnya Sy baru aja msk, mohon masukannya apa saya bertahan ato gak. Gimana dong kl bener
      gak digaji

      Hapus
  9. Sangat brmanfaat skali bang

    BalasHapus
  10. Yah ko w jdi down dluan ni ya soalnya w juga dpet kerjaan jdi telemarketing d bank asing,, minggu dpan baru mulai trening,, semoga d permudah ya allah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat gan, jalananin aja dulu. yang penting berdoa dan berusaha aja :)

      Hapus
  11. Pertama gabisa mau ngapain. Klo nelpon mau bilang apa gatau. Dan ga paham gimana kata2nya buat jelasin inti dri apa yg kita mau omongin 😠 belum seminggu nih aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk pertama sih emang grogi kak,dan untuk masalah penyampaian biasanya sih akan diajarin sama leader kita. bisa juga kok belajar sama teman" satu team kita hehehe.. nanti lama - lama terbiasa kok

      Hapus
  12. Apa klo ditelemarketing tidak ada closing qt yg harus nutupin gan? Koq adek ane blg begitu,mohon pencerahannya ya

    BalasHapus
  13. gan mau tanya kalau sebulan kita tidak mencapai target apakah kita dapat gaji???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya tanyakan kemarin katanya gaji pokok akan dipotong kalau tdk sesuai target.. baru sehari masuk training bulan pertama ditarget 16 nasabah yg deal

      Hapus
  14. Dapat cuma gaji pokok saja tidak mendapat tambahan uang bonus

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Aku baru 1 hari masuk training udh kabur.. masnya masih mending ruangan kerja ber AC nah saya dapatnya yg AC alami di kios / ruko kecil yg hanya menggunaka 1 kipas angin manual.. sedangkan di situ dihuni olh bnyak pegawai yg lain.. kebayang gimana panasnya

    BalasHapus
  17. Telemarketing itu bijak mempengaruhi calon pelanggan bagus,DILARANG BOHONG.jika ketawan dri rekaman phone yg anda gunakan.bisa PHK dan atau dipenjara,terlebih skrg bnyk orang lapor OJK dituntut sampai selesai dipenjara.hancur karir anda.SEMANGAT boleh,tapi hati2 dgn penawaran anda.krn ditelepon pun.anda bisa direkam perusahaan.

    BalasHapus
  18. Closingan maksudnya apaan bang ��

    BalasHapus
  19. Maaf bang sya mau tnya, klw krja di telamarketing, gajih nya brpa, per bulan nya?? 🙏🙏

    BalasHapus
  20. Ternyata lebih banyak dukanya ya kang jadi telemarketer, tapi bagaimanapun sudah dapat pengalaman berharga ya, jadinya lebih kenal dengan produk bank seperti kartu kredit dan suku bunga.:D

    BalasHapus
  21. Pernah juga ngalaminya, sebagai telemarketing bisnis pasar uang dan barang ... pernah saya tulis juga pengalamannya diblog, yang menimbulkan pro kontra, yang kontra tentu dari mereka yang dipihak sana #pastinya

    Telemarketing bukan hal yang salah, yang salah itu cara rekrutmennya yang tidak terbuka. Kalau open sih no problem, ada yang sesuai dengan bidangnya di sana, why not

    BalasHapus
  22. Wah jadi down duluan ini. Saya besok Senin baru mau mulai training soft skill di sebuah asuransi luar. Semoga aja dipermudah

    BalasHapus
  23. Kalo Renaldi dapet gaji brp kemarin ngejalanin sebulan

    BalasHapus
  24. Saya juga baru seminggu kerja telemarketing di bank asing, udah ga kuat pengen keluar grgr ga ada gaji pokok, punya gaji cuma kalo dapet nasabah:) tapi dilain sisi punya leader baik banget selalu support tapi aku ga kuat karna pgn punya uang yg jelas:')

    BalasHapus
  25. Gua juga tele gadapet gaji pokok parah bgt kan :(

    BalasHapus
  26. Bank dbs bukan? Soalnya sy br masuk seminggu disini

    BalasHapus
  27. pengalaman saya sebagai telemarketer juga menyedihkan. Disaat saya turun performa saya langusung turun posisi dan di kick. Gak di anggap lagi. Menyedihkan :(

    BalasHapus

Syarat Berkomentar :

1. Berkomentar dengan bahasa yang Sopan
2. Berkomentar sesuai posting
3. Dilarang menyertakan link aktif, dsb

Author

Renaldi Ardiansyah
Hanya seorang Anak Muda yang tidak mahir berbicara, Namun berusaha Bersuara melalui Tulisan... 

Arsip Blog

Label

Absurd (3) Coretan (20) Curhatan Cowok (19) Info (4) Opini (4) Pengalaman (3) Unik (1)

Part Of

Warung Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Renals Daily | ThemePacific