17 April 2020

Peralatan yang harus dibawa ketika mengendarai vespa Classic

Megendari vespa classic itu memang sangat menyenangkan, karena bentuknya yang unik dan tidak ada yang menyamai. ketika kita mengendarainya dijalan sudah pasti banyak orang yang pandanganya langsung tertuju kepada kita. apalagi kalo warna vespanya itu adalah warna yang eyecatching. seperti merah, kuning, hijau...dilangit yang biru. ehh, kok malah nyanyi hehehe.

Namun sebelum mengendari vespa classic, ada beberapa hal yang harus kalian bawa. untuk berjaga-jaga ketika suatu saat vespanya mogok, kalian bisa memperbaikinya sendiri. ibarat kata, sedia payung sebelum hujan. barang-barang itu tidak lain dan tidak bukan adalah kunci-kuncian dan beberapa hal lainnya. agar lebih jelasnya akan saya rincikan satu persatu :


1. Busi Cadangan
Dalam mengendarai vespa classic membawa busi cadangan itu sangat diperlukan, karena penyebab utama vespa mogok adalah busi yang hangus / gosong. biasanya kalo sudah seperti ini busi harus diganti dengan yang baru. harganya murah kok, dibengkel vespa biasa dijual antara 25rb-30rb. tergantung dari masing - masing bengkel yang menjualnya.


2. Kunci Busi
Nah, kalau hal pertama sudah dibawa alias sudah membawa busi cadangan, maka hal yang perlu dibawa selanjutnya adalah kunci busi. masa sudah membawa busi cadangan tapi lupa membawa kuci busi ? gimana cara bukanya nanti hahaha. kunci busi ini juga sangat penting loh tertuma kunci busi yang berbentuk T karena ia juga mampu untuk membuka baut yang terpasang pada ban. jikalau suatu saat ban vespa kita bocor, maka bisa dibuka dengan kunci busi yang berbentu T ini.


3. Ban Serep
Ban serep juga salah satu hal penting yang wajib dibawa oleh pengendara vespa, terutama bagi yang ingin touring antar kota. karena kita tidak tau medan dijalan seperti apa, apakah berlubang apakah banyak ranjau (paku). karena kalo ban vespa bocor biasanya tukang tambal dipinggir jalan jarang ada yang bisa memperbaiki, dengan alasan tidak bisa. maka dari itu, jalan satu satunya adalah membongkar sendiri dan menggantinya dengan ban serep yang kita bawa.


4. Oli Samping
Setiap motor 2 tak tidak lengkap rasanya jika tak membawa oli samping, karena setiap ingin mengisi bahan bakar (bensin) motor vespa selalu dicampur dengan oli samping (ini wajib ya). kalo tidak mesinnya nanti akan rusak. kalo rusak harus dibawa kebengkel dan keluar uang lagi. hadeeh.


5. Obeng - / +
Obeng merupakan toolkit yang penting juga untuk dibawa, obeng ini nantinya untuk menyetting karburator mesin vespa kalian, ketika nanti vespa kalian mogok.


6. Tali
Maksudnya disini adalah tali gas, tali kopling, maupun tali perseneling. tapi gw lebih nyaranin untuk membawa tali kopiling saja. karena tali kopling lebih rentan putus dari pada tali - tali yang lain. supaya kalian bawanya gak ribet hehehe. tapi lebih bagus lagi untuk membawa semuanya.


7. Tang


Nah, yang terakhir menurut saya yang harus dibawa adalah tang. nantinya tang ini berfungsi untuk menarik dan  memotong tali kopling serta untuk memperbaiki rem.

Itulah beberapa barang yang harus kalian bawa ketika mengendarai vespa classic, untuk berjaga - jaga jika suatu saat vespa kalian mogok dijalan, nantinya kalian bisa memperbaikinya sendiri.

Ternyata ribet juga yaaa untuk sekedar mengendarai vespa classic, banyak perlengkapan yang harus kita bawa. tapi kalo sekedar untuk mengendarai keliling komplek atau membeli suatu barang di indomart sih kalian gak usah bawa barang-barang seperti tadi. hahaha

Share:

1 komentar:

  1. Poin 6 itu betul sekali ... Dulu teman saya pernah ngalami, tali gas putus, akhirnya diakali dengan cara, narik gas gak dari tuas nya, tapi langsung ditarik dari tali kawat gas yang putus.

    Bagi saya yang gak tertarik dengan scooter seperti vespa, agak extreme saja melihatnya berkendara dengan cara seperti itu.

    Jadi penting membawa P3K buat kendaraan klasik seperti catatan di atas

    BalasHapus

Syarat Berkomentar :

1. Berkomentar dengan bahasa yang Sopan
2. Berkomentar sesuai posting
3. Dilarang menyertakan link aktif, dsb

Author

Renaldi Ardiansyah
Hanya seorang Anak Muda yang tidak mahir berbicara, Namun berusaha Bersuara melalui Tulisan... 

Arsip Blog

Label

Absurd (3) Coretan (20) Curhatan Cowok (19) Info (4) Opini (4) Pengalaman (3) Unik (1)

Part Of

Warung Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Renals Daily | ThemePacific