19 Desember 2016

Tips Mendapatkan Ide Untuk Menulis Artikel


Sebagai seorang blogger menulis artikel adalah sebuah kebutuhan. Tapi tak jarang juga seorang blogger kehilangan inspirasi untuk menulis artikel, baik itu blogger senior maupun blogger junior (seperti gw) pasti pernah yang namanya kehilangan inspirasi untuk menulis artikel. Biasanya kalau sudah begitu berbagai macam hal akan di lakukan, Termasuk melakukan tindakan Copy Paste terhadap artikel orang lain, supaya apa ? supaya blognya tetap selalu kelihatan update. Kenapa gw tau ? Karena gw juga begitu wkwk.. ehh, tapi itu dulu yaa.. sekarang kebiasaan buruk itu udah gw kurangi. Prinsip ngeBlog gw saat ini adalah "Lebih baik tidak mengupdate artikel di blog dari pada harus copy paste artikel orang lain".

Back to topik

Dari pada kalian mengupdate blog dengan artikel milik orang lain atau biasa disebut Copy Paste, lebih baik gw kasih tips supaya kalian memiliki ide untuk menulis artikel dengan pemikiran sendiri. InshaAllah tips yang gw kasih ini bener, gak ngaco kaya yang sebelum"nya . Hehehe 

1. Berdoa 
Seperti yang pernah gw bilang di artikel sebelumnya, biasakanlah mulailah sesuatu itu dengan berdoa. Agar segala sesuatunya diberikan kemudahan dan kelancaran. Siapa tau setelah berdoa kita langsung mendapatkan inspirasi untuk membuat artikel di blog kesayangan kita. Tapi perlu di ingat! berdoa bukan sembarang berdoa, tapi harus berdoa dengan hati yang tulus dan ikhlas. Hehe

2. Minum Kopi
Ini serius sob, bukan bualan. Karena kebanyakan orang juga berpendapat bahwa "secangkir kopi dapat membuahkan sejuta inspirasi". awalnya gw ga percaya, tapi setelah gw coba untuk minum kopi, beberapa idepun mulai bermunculan di dalam benak gw. meskipun gak banyak ide yang muncul hanya beberapa saja, Tetapi gw selalu bersyukur. setiap gw minum secangkir kopi selalu ada saja inspirasi yang muncul. Gw saranin nih, minum kopinya sambil dihayatin agar feelnya dapet wkwk. mungkin ini hanya sugesti kali ya.. tapi gak ada salahnya-kan untuk di dicoba?
( Baca Juga : Jatuh Cinta Dengan Kopi )

3. Melakukan Blogwalking
selain bermanfaat untuk mempererat tali persaudaraan atau ajang saling kenalan sesama blogger, Blogwalking juga bisa membuat kita mendapatkan inspirasi loh, ini adalah cara yang paling sering gw lakukan ketika kehilangan inspirasi buat menulis artikel. perlu di ingat ya sob, cara yang gw lakukan itu bukan mencopy paste artikel orang. Gw hanya menulis tema yang menurut gw cukup menarik dan gw akan tulis ulang sesuai dengan pemikiran gw sendiri. Jadi lebih simpelnya itu Tema yang sama dengan Isi artikel yang berbeda. 

4. Lihatlah berita TerUpdate
jaman sekarang itu kalo mau lihat berita terupdate gampang banget, Lihat aja langsung dari televisi ataupun media internet (youtube). Kalo gw sih sering banget ngeliat berita - berita yang menjadi tranding topic di YouTube. Jujur aja gw lebih suka liat berita terkini dari YouTube dari pada Televisi. Karena Televisi sekarang kebanyakan acara acara gajelas! hanya beberapa chanel saja yang menampilkan acara bagus. Biasanya kalau kalian sudah melihat berita yang sedang terkini dan terupdate kalian akan mendapatkan gambaran dan ide untuk membuat artikel lagi. Trust me!

5. Mendengarkan Musik
Selain dapat meningkatkan mood, mendengarkan musik juga bisa membuat kita menjadi lebih kreatif dan lebih fokus loh, cocok nih buat kalian yang lagi kehilangan inspirasi buat nulis artikel. Putarlah lagu favorite kalian saat ingin menulis artikel, seketika semangat untuk membuat artikel akan kembali muncul dan barangkali beberapa ide langsung bermunculan di benak kalian. 

6. Pengalaman Hidup
jika kalian bingung mau nulis apa, kalian bisa kok menulis tentang pengalaman hidup kalian. Jangan pernah malu untuk menceritakan pengalaman hidup kalian, karena bisa jadi pengalaman hidup kalian itu bisa menginspirasi banyak orang. selain itu juga, mungkin bisa jadi pelajaran yang bisa diambil hikmahnya bagi mereka yang membaca tulisan kalian. Jadi intinya sih jangan pernah malu, karena buat apa kalian membuat blog jika kalian malu untuk menulis pengalaman hidup kalian. Bukannya blog itu dibuat supaya semua orang membaca tulisan kita ? Khususnya pengalaman hidup.

Itu aja deh yang bisa gw sampaikan, semoga aja bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca tulisan gw ini Dan mampu membantu kalian dalam mencari inspirasi dalam menulis artikel kembali. :)
Share:

16 komentar:

  1. Kalau saya belum bisa gan secara murni buat hasil tulisan sendiri. tapi saya harus cari 2 atau lebih referensi yang nantinya saya tulis menurut bahasa saya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, saya juga masih susah untuk membuat artikel murni. Saya juga masih butuh referensi dari blog" lain dengan pemikiran saya sendiri. Intinya sih jangan copas aja. Sebenernya boleh aja sih buat copas, asalkan minta izin dulu sama si pembuat artikel dan jangan lupa menyertakan link sumber. Hehe

      Hapus
  2. hmm harus di coba ini soalnya saya sering gk ada ide buat nulis blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, semoga artikelnya bisa membantu ya hehe. Terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  3. saya sih lebih nyantol / cocok sama cara 4,5,6 gan

    BalasHapus
  4. ane senyum pas baca yang ke dua... (minum kopi) :)

    BalasHapus
  5. terimasi gan...
    pas banget ini mah buat gue yang lagi kurang inspirasi..

    BalasHapus
  6. Referensi keren agan. Bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  7. Ane biasanya nulis apa yang ingin ditulis sih hehe yaak seperti pegalaman memakai ini atau pernah coba itu saya pasti akan tulis agar mereka tau apa kegunaan dan manfaatnya hehe but bice share min :')

    BalasHapus
  8. yang nomor 2 relative ya soalnya aku nda ngopi

    BalasHapus
  9. biasanya ane pake yg nomer 3. jalan2 ke blog banyak menemukan ide

    BalasHapus
  10. Keren nih , biar mudah buat artikel . Nice artikel

    BalasHapus
  11. Mantep memang dari kopi muncul ide. Tinggal merangkai kata2nya aja yang harus pintar nih karena pernah udah bikin berhasil dan dibilang artikelnya mirip sama di blog ini ya...Duh nggak orisinal Dong ya

    BalasHapus
  12. Wah tips diatas bisa juga di terapkan! Salah satunya blogwalking
    Thanks for ur sharing
    Keep posting 👧

    BalasHapus
  13. Minum kopinya aku ganti Milo lebih enak

    BalasHapus
  14. Salam kenal Gan :) Ane agak komplain soal dengerin musik soalnya agama islam melarang keras dengar musik gan :)

    BalasHapus

Syarat Berkomentar :

1. Berkomentar dengan bahasa yang Sopan
2. Berkomentar sesuai posting
3. Dilarang menyertakan link aktif, dsb

Author

Renaldi Ardiansyah
Hanya seorang Anak Muda yang tidak mahir berbicara, Namun berusaha Bersuara melalui Tulisan... 

Arsip Blog

Label

Absurd (3) Coretan (20) Curhatan Cowok (19) Info (4) Opini (4) Pengalaman (3) Unik (1)

Part Of

Warung Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Renals Daily | ThemePacific